Berikut Ini Adalah 5 Cara Menggendong Bayi Dengan Tepat, Hal Yang Harus Dihindari Serta Macam-Macam Jenis Gendongan

f:id:birdsnbees:20200724140448p:plain

Berikut Ini Adalah 5 Cara Menggendong Bayi Dengan Tepat, Hal Yang Harus Dihindari Serta Macam-Macam Jenis Gendongan

Bagaimana sih cara menggendong bayi yang tepat? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang baru saja menjadi orang tua. Pada dasarnya menggendong dikenal sebagai salah satu cara paling mudah untuk menenangkan bayi. Namun tahukah Anda bahwa selain membuat bayi menjadi lebih tenang, menggendong dengan cara yang tepat juga dapat memberikan beragam manfaat lainnya baik bagi Anda atau bahkan untuk bayi itu sendiri.

Jual baju anak

Beberapa manfaat yang ditunjukkan dengan cara menggendong yang tepat di antaranya adalah mengurangi gas yang ada dalam tubuh bayi, atau bahkan mempermudah Anda selaku orang tua yang menggendongnya untuk melakukan aktivitas dengan lebih mudah.

Cara Menggendong Bayi dengan Tepat dan Benar

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara menggendong dengan tepat, maka simaklah uraian penjelasannya berikut ini :

  1. Cradle Hold

    Cradle hold dikenal sebagai salah satu cara untuk menggendong bayi yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu menempatkan kepala bayi pada bagian lekukan salah satu dari lengan Anda kemudian lilitkan tangan yang satunya lagi di sekitar bayi. Selain cara tersebut Anda juga dapat memegang lengan sebelah kanan dengan lengan sebelah kiri atau sebaliknya.
    Selain itu, pada bayi baru lahir tentunya mereka belum dapat menopang bagian kepala yang dimilikinya. Sedangkan kepalanya itu sendiri cukup berat sehingga dibutuhkan alat untuk menopangnya yang mana dapat Anda lakukan dengan menggunakan bagian lengan siku Anda yang dijepit. Dengan menggendong bayi menggunakan cara cradle hold, Anda selaku orang tua yang menggendongnya pun bisa mendapatkan posisi yang tepat untuk mengajaknya berbicara dan menatapnya.
    Teknik cradle hold juga dapat membuat bayi tertidur dengan nyaman dan lebih nyenyak. Karena itulah jika Anda seorang ibu muda, maka teknik yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memulai cara belajar menggendong bayi dengan benar tanpa harus mengganggu kenyamanannya.
    Toko baby murah

  2. Shoulder Hold
    Teknik menggendong bayi yang satu ini dapat Anda lakukan dengan mencondongkan bayi di bagian atas bahu dan dilakukan dengan bantuan dari lengan di sisi itu pula. Setelah itu lilitkan di bagian bawah pantat bayi. sementara untuk tangan lainnya dapat Anda gunakan untuk memegang bagian punggung bayi serta menopang leher yang dimilikinya agar ia dapat bersandar dengan lebih nyaman.
    Untuk beberapa bayi, tehnik menggendong ini dapat membantu mereka untuk tertidur dengan lebih nyenyak. Selain itu posisi dari cara menggendong ini juga memungkinkan bayi untuk mendengar nafas serta detak jantung dari orang yang menggendongnya. Tidak heran jika kemudian cara yang satu ini dapat membantu Anda untuk membuat bayi tertidur dengan lebih nyenyak.
  3. Belly Hold
    Untuk teknik yang satu ini dikenal sebagai salah satu cara tepat untuk menggendong bayi yang memiliki masalah dengan gas perut. Pasalnya posisi menggendong bayi tersebut dapat membuat bayi mengeluarkan gas di dalam perutnya dengan lebih mudah. Untuk posisinya sendiri dapat dilakukan dengan cara meletakkan dada bayi di salah satu lengan orang yang menggendongnya. Sedangkan untuk lengan yang satunya lagi dapat digunakan untuk memegang bagian belakang dari tubuh bayi dengan lebih aman.
    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik yang satu ini dengan menempatkannya di pangkuan Anda. Belly hold juga dikenal sebagai teknik ampuh dari cara menggendong bayi untuk membuatnya bersendawa dengan mudah. Tingkat kenyamanan dari cara menggendong ini bergantung pada ketahanan dari tangan Anda yang menggendong bayi itu sendiri.
  4. Sling Hold
    Sling hold dikenal sebagai teknik menggendong bayi yang tepat untuk membantu Anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas dengan lebih mudah. Namun cara menggendong bayi yang satu ini umumnya dilakukan dengan alat bantu berupa gendongan yang tentunya membuat bayi lebih aman. Tidak hanya itu, cara menggendong ini juga dapat membantu bayi untuk menjaga kehangatan tubuhnya, mendengarkan detak jantung orang tua atau bahkan menyusui.
    Teknik sling hold juga dikenal baik untuk dilakukan karena dapat mengurangi resiko jatuh ketika bayi tengah digendong. Akan tetapi cara yang satu ini umumnya dilakukan ketika bayi sudah cukup besar seperti halnya berusia 4 atau 6 bulan ke atas.

Selengkapnya baca di : https://www.birdsnbees.co.id/blog/cara-menggendong-bayi-dan-jenis-gendongan/